Beberapa Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Penyakit mematikan sering kali dianggap sebagai penyakit yang berkembang dengan cepat dan tidak bisa disembuhkan tapi hanya bisa diobati. Anggapan tersebut kurang tepat,badan SehatQ.com apa Yang dimaksud penyakit mematikan adalah penyakit yang paling banyak menimbulkan kematian pada penderitanya. Ada beberapa Penyakit yang dapat menyebabkan kematian karena organ tubuh yang diserangnya […]

Penyakit mematikan sering kali dianggap sebagai penyakit yang berkembang dengan cepat dan tidak bisa disembuhkan tapi hanya bisa diobati. Anggapan tersebut kurang tepat,badan SehatQ.com apa Yang dimaksud penyakit mematikan adalah penyakit yang paling banyak menimbulkan kematian pada penderitanya.

Ada beberapa Penyakit yang dapat menyebabkan kematian karena organ tubuh yang diserangnya mengalami kerusakan atau kehilangan fungsi secara baik. Ada pula penyakit yang menyebabkan kematian karena adanya komplikasi. Berikut ini daftar penyakit mematikan yang paling umum:  

1. jantung koroner

Ini adalah penyakit paling mematikan berdasarkan jumlah kematian penderitanya. Penyakit ini disebabkan oleh penyempitan dan penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah yang memasok darah dan oksigen ke jantung. Ketika jantung sama sekali tidak mendapat pasokan oksigen dan darah, maka organ ini akan berhenti berfungsi.

2. Stroke

Stroke terjadi ketika pembuluh arteri di otak tersumbat atau pecah, sehingga memutus pasokan darah dan oksigen ke organ yang ini. Jika tidak segera tertangani, sel otak lambat laun akan mati, dan penderita dapat kehilangan nyawa.

3. Kanker

Kanker terjadi apabila sel dalam tubuh mengalami kelainan atau mutasi, sehingga berkembang secara tidak terkendali. Ketika sel-sel kanker sudah menyebar ke berbagai organ tubuh, penderitanya dapat mengalami kematian.

Jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian adalah kanker paru-paru, otak, darah, usus besar, dan payudara.

4. HIV/AIDS

Penyakit ini adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. HIV dapat menyebabkan AIDS, yaitu kondisi ketika tubuh tidak mampu lagi melawan infeksi. HIV memang belum ada obatnya. Namun, ada pengobatan yang dapat memperlambat perkembangan virus ini.

5. Tuberkulosis (TBC)

TBC ini disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang paru-paru. Penyakit ini mudah menyebar melalui butiran air liur yang dikeluarkan oleh penderita melalui bersin atau batuk. Sebagian besar kematian akibat TBC terjadi di negara miskin, di mana pasokan obat-obatan dan tingkat pelayanan kesehatan sangat minim dan terbatas.

7. Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi dalam jangka waktu panjang. Pada diabetes tipe 1, pankreas tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, biasanya akibat diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri atau (autoimun).

Sedangkan pada diabetes tipe 2, sel-sel tubuh tidak peka terhadap insulin, sehingga fungsi insulin dalam menurunkan kadar gula darah tidak efektif meskipun jumlahnya cukup.

Fungsi dari insulin adalah untuk mengubah zat gula menjadi energi. Ketika insulin tidak cukup jumlahnya atau tidak dapat digunakan secara efektif, zat gula akan menumpuk di dalam darah. Akibatnya, penderita diabetes dapat mengalami komplikasi yang dapat membahayakan nyawa, seperti gagal ginjal dan penyakit jantung.

8. Penyakit paru

Penyakit paru obstruktif kronis adalah kelompok penyakit pada paru-paru yang terjadi dalam jangka panjang, misalnya bronkitis kronis. Penyebab utama dari penyakit paru adalah asap rokok dan polusi udara. Jika tidak diobati dengan baik, penyakit paru dapat menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya, seperti pneumonia.

Dengan mengetahui apa saja yang termasuk penyakit mematikan, Anda dapat melakukan langkah-langkah pencegahan, misalnya dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, jika anda menderita gejala-gejalanya, segera berobat dan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan sebelum muncul komplikasi yang mematikan. Semua ini adalah contoh penyakit mematikan, jadi kita harus berhati – hati, dan menjaga kesehatan dengan benar, Karena sehat itu mahal harganya.

Next Post

Tia Mowry Shares Powerful Instagram About Her Weight-Loss Journey to All Moms

Sat Aug 29 , 2020
© tiamowry – Instagram Actress and entrepreneur Tia Mowry posted an Instagram about losing weight after having her daughter, Cairo. The former Sister, Sister star encouraged women not to feel pressured and to take their time getting back into fitness. Fans loved that she shared her experience and a positive […]